Anak Sebagai Harapan Bangsa Sebagai Penerus Perjuangan dan Mengisi Kemerdekaan Bangsa dan Negara

Dra. Tri Hastuti dan Maria Anna Dwijiastuti, S.Pd

Era globalisasi dan digitalisasi saat ini tentu saja akan membawa dapak yang sangat luar biasa bagi kita semua. Dalam mempersiapkan anak-anak bangsa yang berkarakter kuat seperti yang kita harapkan bersama, baik dampak yang positif atau bahkan sebaliknya semuanya itu tinggal bagaimana susdut pandang kita dalam menerima perkembangan teknologi tersebut di atas.

Kita sebagai orang tua dan sebagai pendidik pada umumnya harus selalu waspada dan dapat mengikuti perkembangan teknologi di era globalisasi tersebut, agar kita bisa membimbing, mendidik, mengarahkan serta memberikan motivasi pada anak.

Peran kita tidak sekedar orang tua dan pendidik, tetapi kita harus tampil sebagai sahabat anak, sehingga anak bisa dengan nyaman, aman apabila berada didekat kita, Dengan demikian anak bisa terbuka dengan orang tua apabila punya masalah, mereka tidak akan lari dan fokus pada dunia maya/ informasi.  Yang lewat dunia maya kalau sudah larut dengan dunia maya tersebut akan membahayakan bagi mereka, karena fungsi/ peran orang tua sudah diabaikan. Agar tidak terjadi hal seperti itu kita perlu kita perlu kontrol kepada mereka dan selalu komunikasi aktif.

Tentunya sebagai orang tua kita harus menanamkan keimanan, kedisiplinan yang kuat, agar anak-anak punya rasa dan tanggungjawab yang tinggi terhadap jati dirinya dan lingkungannya dimana mereka berada. Dikemudian hari dengan harapan merakan tidak

Related posts

Leave a Comment