Dampak Positif dan Negatif Game Online Berbasis GPSS – Bambang Eka Purnama,M.Kom

Pokèmon Go yang resmi rilis di indonesia dan menggemparkan dunia game hampir diseluruh dunia beberapa waku ini sempat menjadi trending topik juga di Indonesia. Informasi update didapatkan dari halaman akun resmi Pokemon Go di Facebook. Pengumuman resmi pokemon GO di Indonesia ini disebutkan bahwa game tersebut sudah tersedia di 15 negara di kawasan Asia Pasifik yang bisa memainkan Pokemon Go dalam rilis serentak yang dilakukan oleh Niantic. Ke-15 negara tersebut adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon, Mikronesia, dan Palau. Pokemon GO bisa di download dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna perangkat iOS Apple untuk “Para trainer” atau pemain Pokèmon Go di 15 negara di Asia dan Oseania . Pokemon Go sendiri telah didownload lebih dari 50 juta kali. Demam Pokemon Go jadi mendunia. Kini jumlah downloader telah meningkat meskipun Sudah lebih dari 3 bulan setelah diluncurkannya Pokèmon Go pada Tanggal 6 Juli 2016.
Menginstal APK Pokèmon GO, sebenarnya bukan tanpa resiko, APK tersebut membuat para pengguna smartphone Android menjadi sangat rentan terhadap ancaman malware. Meski demikian, game Pokemon Go sudah banyak dimainkan oleh orang-orang di Indonesia atau bahkan di negara-negara lain di dunia.
Pokemon yang mendadak menjadi sangat populer ini tentu menjadi bahan pembicaraan yang sangat seru dilapisan manapun juga. Tentu saja kondisi ini akan membawa dampak yang luas bagi siapapun. Dampak positif dan negatif yang terjadi harus bisa diantisipasi berbagai kalangan terlebih orang tua.
Kalau kita lihat game konvensional yang sudah eksisting selama ini maka akan nampak bahwa game ini biasa diinstall di komputer kita. Installasi game ini bersifat statis. Untuk memainkannya maka sang user harus berada didepan komputer secara simultan. Kondisi ini bagus sebenarnya, karena bisa merangsang pertumbuhan otak bagi anak – anak. Dengan bermain game seperti ini maka anak – anak akan berfikir keras bahkan sangat intensif bagaimana mengalahkan game yang dimainkannya. Otak yang cerdas hanya bisa trjadi kalau sering digunakan. Kalau tidak maka otak akan menjadi statis sehingga menjadi tumpul layaknya sebuah pisau jika tanpa diasah. Namun dampak negatifnya adalah banyak anak yang kemudian menjadi autis karena harus berlama – lama berada didepan komputer sehingga lupa shalat bagi yang beragama Islam, lupa makan, bahkan sampai larut malam anak atau bahkan siapapun yang memainkannya bisa lupa semuanya. Dampak lainnya adalah banyak anak yang akhirnya menjadi autis karena menjadi tertutup dengan dunia luar. Pikirannya selalu tertuju pada game yang berada di komputernya. Walaupun anak pergi ke sekolah namun pikirannya ingin segera pulang untuk bisa berinteraksi dengan game yang berada di komputernya. Kondisi seperti ini juga akan mengganggu kesehatan anak. Dengan berlama – lama di depan komputer maka bagian tubuh tertentu menjadi statis, misalnya disaat duduk. Otot kaki akan menjadi tidak banyak bergerak karena posisi duduknya. Disisi yang lain tangan memang aktif namun posisinya akan monoton. Kondisi inilah yang tidak baik untuk kesehatan anak. Hampir bisa dipastikan olah raganya sangat kurang sekali. Maka peredaran darahnya menjadi tidak lancar, dengan kondisi seperti ini maka normalisasi organ tubuh akan menjadi terganggu.
Perkembangan generasi selanjutnya adalah game online di komputer. Dengan game seperti ini maka pemakai komputer bisa bermusuhan game seara online dengan lawan yang entah siapa dan berada dimana. Mereka akan saling berlaga untuk mmenangkan permainan yang sangat interaktif. Otak memang dipacu untuk terus berpikir agar bisa mengalahkan lawan. Berbedaan dengan game offline adalah game ini melawan manusia dibandung game offline sebelunya yang melawan komputer yang tidak punya perasaan namun bisa belajar dari intelegensi buatannya yang ditanam kedalam sisteem perangkat lunaknya. Game inipun juga bisa dimainkan dirumah dikomputer kita atau banyak juga warnet yang menyediakannya. Kepuaannya sama yaitu memenangkan permainan yang dihadapinya.
Diluncurkannya handphone cerdas akhirnya merubah tradisi yang tadinya statis menjadi mobile. Siapapun akhirnya bisa memainkan sebuah game pada device mereka dimanapun. Saat menunggu bis, kereta atau berada dalam moda transportasi lainnya, maka kejenuhan yang selama ini dialami bisa diatasi dengan bermain game. Kalau game sebelumnya banyak memutus dunia luar maka dengan game di gadget ini menyebabkan dia bisa sangat asik dengan ponselnya. Namun individual seorang gamer tetap saja muncul. Seseorang akan menjadi acuh dengan sebelahnya karena sangat menikmati handphonennya.
Kondisi terakhir adalah dengan diluncurkannya game dengan basis GPS (Geographical Positioning System). Sebuah tools penunjuk lokasi dibumi berdasarkan koordinat yang dipantau oleh satelit. Dengan game ini maka kita tidak bisa statis lagi namun harus bergerak. Tanpa bergerak maka kita tidak akan bisa mengetahui posisi monster dan dan mendapatkannya. Game yang paling populer dimainkan beberapa waktu ini adalah Pokemon Go yang menjadi trending topik dan bahkan banyak di didownload oleh masyarakat dunia. Game ini merubah main set yang sudah ada selama ini dan menjadi favorit. Banyak lokasi yang saat kita datangi dengan game ini akan muncul monster dan bisa kita kalahkan yang akhirnya kita mendapatkan point. Perubahan besar ini tentu saja membawa dampak yang berbeda pula. Karena aktifitas organ tubuh kita maka bisa seharusnya bisa dijadikan sarana untuk olah raga. Merangsang kerja otak juga bisa dijadikan sarana untuk menjadi cerdas. Yang menjadi masalah adalah banyak orang yang bermain tanpa melihat posisi mereka sedang berada dimana, saat game memotong jalanan banyak yang tidak memperdulikan jika posisinya sedang menyeberang jalan tanpa melihat arus kendaraan. Dalam kondisi ini maka banyak dikabarkan kecelakan menimpa pemain game. Saat berada di installasi kepolisian dan militer ternyata ada beberapa lokasi ini yang mendapatkan Poke Shop. Bahkan pada landasan Helly pad di kepolisian juga ditemukan monsternya. Siapa yang bisa masuk kesini? Tentu saja adalah mereka yang mempunyai akses tersebut. Apa motifnya? Tentu saja adalah maping dan gambar lokasinya. Dalam kondisi seperti ini tentu sangat dikhawatirkan adanya spionase terslubung. Sehingga dikawatirkan rahasia negara akan termaping dengan game ini. Namun beberapa lokasi wisata justru memanfaatkan kondisi ini sebagai promosi yang sangat bagus. Misalnya di beberapa objek wisata dengan menunjukkan device mereka yang sudah terinstall aplikasi game berbasis GPS maka akan mendapatkan diskon 10 – 30 % pada fasilitas mereka. Pemain juga dibebaskan untuk berburu monster pada lokasi tersebut. Kondisi ini tentu akan membawa dampak yang baik dan posisitf karena kunjungan akan menjadi bertambah.
Jadi bagaimana perbandingan dampak positif dan negatif dari game ini? Tentu tergantung dari bagaimana kita mensikapinya. Dibutuhkan kearifan untuk mengarahkan atau mengalihkan dampak yang negatif menjadi positif dan bermanfaat. Tidak tergantung siapa yang menggunakannya dan dimana namun bagaimana kita menggunakannya untuk menambah pengalaman danmanfaatnya.

Related posts

Leave a Comment