Fakta Menarik Kota Solo Indah dan Nyaman untuk Ditinggali

untuk dilewatkan. Buat kamu yang belum pernah mengunjungi Solo, sempatkanlah. Mengapa?
Berkunjung ke Solo, berarti Anda masuk ke kawasan wisata sejarah dan budaya. Saat ini, banyak maskapai
yang melayani penerbangan ke Solo. Untuk penginapan, tersedia banyak hotel di Solo disana, mulai dari yang murah sampai yang berkualitas bintang lima. Sebelum berangkat ke Solo, sebaiknya kamu tahu apa saja keunikan dari kota ini. Berikut lima fakta menarik dari Kota Solo!
1. Salah satu kota ternyaman untuk ditinggali Solo adalah ssalah satu kota ternyatam untuk ditinggali di Pulau Jawa. Solo adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini sangat nyaman dihuni karena ketenangan kotanya, penduduknya mayoritas suku jawa. Solo atau Surakarta memiliki semboyan “Berseri”, singkatan dari “Bersih, Sehat,
Rapi, dan Indah”, sebagai slogan yang mencerminkan kotenagan kota ini.
2. Ada pasar loak terkenal. Di Kota Solo terdapat pasar Loak atau pasar barang-barang bekas yang sangat terkenal yaitu Pasar Klithikan Notoharjo, pasar ini dibangun pada tahun 2006 oleh Pemerintah Kota Surakarta. Pasar
ini terletak di Kalurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, di atas lahan seluas 1.800m2.
Pasar Klithikan Notoharjo dibangun menampung pedagang kaki lima diarea Taman Monumen 45 Banjarsari yang berjumlah 909 pedagang. Pasar Notoharjo lebih dikenal dengan nama Pasar Klithikan karena pasar tersebut sebagai wadah bagi pedagang kaki lima yang menjual berbagai barang bekas, seperti elektronik, pakaian, ponsel, sparepart kendaraan dan barang-barang lainnya. Pasar ini cukup unik karena di sini pengunjung bisa menemukan barang-barang bekas layak pakai.
3. Punya dua keraton
Solo merupakan salah satu dari sedikit kota di Indonesia yang memiliki dua keraton, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta yang berjarak sekira 11 km. Meskipun kedua keraton sudah tidak menjalankan pemerintahan seperti dahulu, namun masih terdapat sultan dan abdi dalem di dalam istana. Selain itu, keduanya juga masih kerap menggelar banyak ritual dan upacara adat.
Selain bisa melihat sendiri arsitektur kuno pada bangunan istana dan masjid. Kamu juga bisa belajar mengenal kebudayaan Jawa yang masih terjaga. Jika datang di saat yang tepat, kamu bisa menyaksikan berbagai upacara dan ritual tahunan, salah satunya adalah Sekaten.
4. Uniknya batik khas Solo
Setiap batik tradisional di setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, sama halnya dengan batik khas Solo. Batik Solo memiliki beragam motif, dua di antaranya yang paling populer adalah Parang Kusumo dan Truntum. Batik Truntum identik dengan motif bunga kecil-kecil yang membentuk sebuah pola besar.
Batik Parang Kusumo berbeda lagi. Batik ini dikenal sebagai batik yang biasa dipakai kalangan bangsawan Solo. Ciri dari batik ini adalah lajur motif diagonal yang dilukis dari bawah ke atas yang menandakan bahwa pemakainya masih berasal dari keturunan raja. Jika ingin lebih mengenal batik khas Solo, kamu bisa menginap di Best Western Premier Solo yang merupakan sebuah hotel berkonsep batik.
5. Wisata kereta uap di tengah kota
Bagaimana rasanya naik kereta uap kuno dengan asap yang mengepul di udara dan suara tuutt..tuutt..
yang khas? Rasa penasaran kamu akan segera terjawab oleh Sepur Kluthuk Jaladara. Lokomotif buatan Jerman
pada 1896 ini masih aktif beroperasi sebagai kereta wisata. Kereta ini bisa kamu temukan di Kota Solo.
(herki)

Related posts

Leave a Comment