Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Dengan Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Schoology Berbasis Android Di Tingkat Sekolah Dasar

Oleh : Imam Nuraini, S.Pd.SD

( Guru SD Negeri Pucangan 04 Kecamatan Kartasura )

 Pembelajaran yang berkualitas merupakan tanggung jawab setiap pendidik dalam melaksanakan tugas dalam mengajar di kelas. Ini sudah tertuang dalam Undang – undang nomor 20 tahun 2003 pasal 40 ayat 2 yang berbunyi: Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.

 Untuk menciptakan suasana yang dialogis seharusnya pendidik tidak hanya mampu  berbicara di depan kelas saja, tetapi dimanapun dan kapanpun harus siap untuk berdialog dengan peserta didik.

Pada zaman moderen yang penuh dengan keunggulan teknologi sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi sangat memungkinkan untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dengan memakai gadget kita bisa melakukan komunikasi dengan singkat dan cepat.

Begitu juga dengan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas, seharusnya bisa mengkaitkan antara pembelajaran yang dilakukan dengan kemajuan teknologi informatika yang ada. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan penerapan pembelajaran e-learning. Menurut Stockley (2006:33) E-learning yaitu penyampaian program pembelajaran dengan menggunakan sarana elektronik seperti komputer, telepon genggam, radio atau alat yang alinnya dengan berbagai acara untuk memberikan bahan ajar. Semua komponen untuk pembelajaran e-learning sudah tersedia dan mudah untuk didapatkan.

Contoh pembelajaran e-learning yang dapat diterapkan di kelas tingkat sekolah dasar yaitu dengan menggunaan telepon genggam atau HP. Masa sekarang ini hampir semua anak / siswa memiliki HP bahkan hampir semua berbasis android. Jadi pembelajaran e-learning sangat memungkinkan untuk diterapkan di tingkat sekolahdasar, yang tentunya dengan kontrol dari guru kelasnya. Pembelajaran e-learning yang bisa diterapkan dengan malalui HP berbasis andorid diantaranya memakai aplikasi schoology. Aplikasi ini dapat di unduh di playstore dan bisa diapasang di HP/ gadget yang dimiliki siswa.

Schoology adalah website yang memadukan e-learning dan jejaring sosial ( Aminoto dan Phatoni, 2014:21 ). Schoology lebih banyak keuntungan dari pada jejaring sosial lainnya, karena schoology tidak memerlukan hosting dan pengelolaanya lebih user friendly. Schoology bisa diakses melalui website dan aplikasi android yang tersedia dalam play store bisa dipasang di gadget android.

Secara fi tur sama antara di website maupaun yang ada di aplikasi android, hanya berbeda penampilannya saja. Aplikasi schoology ini bisa memungkinkan guru dan siswa lebih intensif dalam berinteraksi baik di kelas maupun di luar kelas setelah pulang.

Penerapan pembelajaran e-learning dengan menggunakan aplikasi schoology berbasis android sangat mudah digunakan dengan catatan HP harus terkoneksi dengan internet. Tinggal download aplikasi schoology di play store kemudian instal dan siap untuk digunakan. Pembelajaran ini sangat menyenang bagi siswa. Terbukti dari penerapan yang dilakukan guru di SDN Pucangan 04 Kec. Kartasura didapat hasil sebagai berikut: siswa menjadi aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan siswa terhadap materi dan aplikasi. Siswa menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran, dengan rasa ingin tahunya yang tinggi siswa sangat memperhatikan proses proses yang dialkukan dalam menjalankan aplikasi.

Pembelajaran menjadi menyenangkan, tanpa di sadari oleh siswa karena merasa senang mengikuti pelajaran, tidak terasa pelajaran menjadi kehabisan waktu. Bahkan banyak siswa yang menginginkan untuk diperpanjang waktu pembelajarannya. Siswa bisa memahami pentingnya teknologi untuk pembelajaran, tidak hanya untuk melakukanpanggilan atau bermain game. Guru menjadi mudah dalam mengontrol kegiatan siswa di kelas dan tugas siswa lebih cepat untuk bisa dilihat dan dikoreksi guru dengan melewati akun guru. Hasil belajar siswa menjadi meningkat terbukti pada pelajaran matematika yang dilakukan sebelum menerapkan pembelajaran ini hasil rata- rata nilai siswa 60-70.

Setelah dilakukan penerapan pembelajaran e-learning ini rata – ratanya meningkat menjadi 70-80. Pembelajaran e-learning merupakan pembelajaran yang sangat baik untuk diterapkan oleh guru, guru harus selalu bisa menggunakan IT yang ada dalam mengkolaborasikan dengan pembelajaran. Sehingga pembelajaran lebih bermutu dan bisa meningkatkan kualitas dan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Namun demikian pembelajaran e-learning akan sulit untuk diterapkan apabila tidak ada dukungan dari berbagai pihak, baik dari inetrn diri guru maupun dari Kepala sekolah, orang tua dan siswa. Maka dari itu perlu persiapan yang matang untuk bisa menerapkan pembelajaran ini, baik perencanaan sebelum pembelajaran, pelaksanaan maupun setelah pembelajaran. (Imam Nuraini/R)

0Shares

Related posts

Leave a Comment