Diah Ayu Chesarini Mahasiswa RMIK Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo Juara 1 Koding

SOlo – Dalam dunia rekam medis dikenal istilah koding yang merupakan pembangunan kode dalam berkas rekam medis pasien. Koding merupakan kegiatan pengolahan data rekam medis untuk memberikan kode dengan huruf atau dengan angka atau kombinasi huruf dan angka yang mewakili komponen data. Kegiatan dan tindakan serta diagnosis yang ada dalam rekam medis harus di beri kode dan selanjutnya di indeks agar memudahkan pelayanan pada penyajian informasi untuk menunjang fungsi perencanaan, managemen, dan riset bidang kesehatan.
Pemberian kode ini merupakan kegiatan klasifikasi penyakit dan tindakan yang mengelompokan penyakit dan tindakan berdasarkan kriteria tertentu yang telah disepakati.
Pemberian kode atas diagnosis klasifikasi penyakit yang berlaku dengan menggunakan ICD-10 untuk mengkode penyakit, sedangkan ICOPIM dan ICD-9-CM digunakan untuk mengkode tindakan, serta komputer (on-line) untuk mengkode penyakit dan tindakan.
Buku pedoman yang digunakan sebagai rujukan adalah International Classification of Diseases and Related Health Problems, Tenth Revision (ICD – 10) terbitan WHO. Di Indonesia penggunaannya telah ditetapkan oleh Kemenkes RI sejak tanggl. 19 Februari 1996 yang terdiri dari 3 volume.
Agar mahasiswa rekam medis yang merupakan calon perekam kesehatan di sebuah balai medis lebih tanggap dan trampil maka koding inipun dilombakan dan hasilnya adalah Mahasiswa prodi D3 RMIK Poltekkes Bhakti Mulia mengikuti lomba Indonesian Medical Record (IMRC) yang diselenggarakan oleh Apikes Citra Medika Surakarta. Mahasiswa yang mengikuti lomba adalah Hesti Filasari yang masih duduk di semester VI dengan materi lomba statistik.
Igaseptya Permadhani mahasiswa semester VI dengan materi lomba koding.
Diah Ayu Chesarini mahasiswa semester VI dengan materi lomba koding. Seleksi online dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2018. Dalam seleksi tersebut, 1 mahasiswa lolos ke babak semi final aitu Diah Ayu Chesarini. Pada babak Semi final dan final dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2018 yang berlokasi di Apikes Citra Medika.
Diah Ayu Chesar dari Poltekkes Bhakti Mulia SUkoharjo ini keluar sebagai Juara 1 lomba koding IMRC 2018.

Related posts

Leave a Comment