Pengembangan Wirausaha Mahasiswa Melalui IPTEKS Bagi Kewirausahaan

Surakarta, (31 Maret 2018) Team pengabdian masyarakat, Ipteks Bagi Kewirausahaan UMS mengadakan sosialisasi, rekruitmen dan perencanaan program wirausaha bagi mahasiswa yang di danai Skim Dikti tahun 2018. Ketua team IbK yaitu Dr. H. Suranto. ST. MM, didampingi anggota Dr. Eko Setiawan dan Totok Budi Santosa. SPd. MPH mengadakan kegiatan sosialisasi tersebut yang di ikuti 82 peserta dan akan diseleksi menjadi 20 peserta.
Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa yang berminat wirausaha diberbagai program studi yang ada di UMS, telah terjaring 82 peserta awal. Antusiasme calon tenant sangat banyak, sehingga program wirausaha ini juga dimasukkan dalam program Inwabi (inkubator wirausaha dan bisnis) yang didanai oleh LPPM UMS, hal ini untuk mendukung dan mewadahi minat dan banyaknya peserta.
Kegiatan ini telah berjalan kali ketiga, tahun pertama 2016, kemudian 2017 dan 2018 yang dilaksanakan saat ini. Kegiatan program ini dilaksanakan dengan berbagai tahapan, sosialisasi, finger print, motivasi usaha, pendampingan, business plan, SWOT, BMC, online shop marketing, penguatan modal, pendampingan lapangan dan lain sebagainya. Kegiatan ini diawali dengan pengisian data awal calon peserta kemudian di pilih 20 tenant dan kegiatan ini dilaksanakan sekitar 5 bulan ini nanti membutuhkan 14-20 tatap muka, sekitar 6 kali di kelas dan
8 kali atau lebih di tempat usaha.
Kegiatan ini sangat membantu dan mampu melatih mahasiswa wirausaha dan terbukti setiap tahun menghasilkan 10 wirausaha mandiri dengan usaha yang berbeda-beda. Saat ini telah memlliki temmpat penjualan (showroom) sendiri dan membuka cabang dibeberapa tempat baik di UMS maupun di luar UMS. Kegiatan ini juga di dukung oleh LPPM UMS, LazizMu, beberapa teman dari IIBF, HIPMI, Talent Center, Mind Ztrong Indonesia dan lembaga yang berkecimpung dalam wirausaha.

Related posts

Leave a Comment