Sari Noviatsih Direktur Dendeng Jantung Pisang MAMUMA Baturetna Wonogiri (Tanggapan Moral Pelajar Semakin Rawan)

 

Dari tahun – ketahun teknologi akan mempengaruhi pemikiran dan gaya hidup setiap orang. banyak anak muda yang terus menggunakan teknologi yang akan mempengaruhi pikiranya jika tidak dapat memilah – milah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Kecanggihan teknologi ini juga berdampak negatif jika tidak digunakan dengan benar. Bahkan teknologi mempunyai hal negatif seperti Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik, Cyber Bullying, Konten negatif yang berkembang pesat, Menurunkan prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang.

Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainya. Di era teknologi saat ini kemerosotan moral  anak muda ataupun pelajar sudah semakin rawan. Ada murid yang menganiaya bahkan membunuh gurunya, kekerasan dilingkup sekolah semakin merajalela. Moralitas dikalangan pelajar dewasa ini merupakan salah satu masalah pendidikan yang harus mendapat perhatian dari semua pihak.  Ini adalah PR yang tidak mudah bagi para pendidik untuk mencapai tujuan negara dalam mencerdaskan bangsa, menyiapkan manusia berkualitas baik secara inteletual, integritas maupun peran dalam masyarakat ujarnya terhadap majalah didik.

Putri ke 5 dari 6 bersaudara ini memiliki nama lengkap ibu Sari Noviatsih. Lahir di Wonogiri tanggal 19 November 1977. ibu Novi panggilan akrabnya telah dikaruniai 3 orang anak dan memiliki riwayat pendidikan sebagai berikut SDN Balepanjang Baturetno, SMPN 1 baturetno wonogiri, SMAN 2 baturetno wonogiri, DIPLOMA 3 Akademi Manajemen Informatika Sinar Nusantara Surakarta.

Proses mendapatkan hak paten, setelah berhasil menjangkau customer hampir diseluruh tanah air. Dan diliput oleh media cetak maupun ektronika. Yang terbit diwilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Belum lama wanita anggun ini serta memiliki sorot mata melankolis menuturkan usaha Dendeng jantung pisang yang digeluti selama ini terus dibanjiri oleh para pengunjung baik dari masyarakat umum maupun datang dari masyarakat Akademisi. Salah satu diantara pengunjung yang dianggap memiliki nilai lebih bersifat jalinan kerja yakni kunjungan dari Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP). Kunjungan UNDIP ke rumah produksi dendeng jantung pisang terbut berlangsung pada Kamis 5 April 2018. Kunjungan rombongan tersebut disambut hangat oleh direktur dendeng jantung pisang ibu Sari Noviatsih. Dalam kunjungan tersebut kedua belah pihak membahas tentang cloud marketplace yang sedang marak diera digital ini. Selain berdampak negatif teknologi juga memiliki dampak positif bagi sebagian orang seperti : mempercepat arus informasi, media sosial, media publikasi, media periklanan, media bisnis  dll. Memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berbisnis dan berjualan didunia maya. Kami selama ini hanya berjualan diseputar sosmed dan diarahkan ke marketplace (Aplikasi atau situs web yang memberikan fasilitas jual beli online dari berbagi sumber) seperti Tokopedia, Shoppie dll. Lebih lanjut ibu Novi mengutarakan bahwa  managemen pengelolaan usaha makanan berbasis cloud marketpalce ini mempunyai berbagai keunggulan Tidak membutuhkan modal yang besar (Media Sosial, Marketplace), akses mudah dengan pelayanan penuh pada pelanggan, biaya operasional rendah, kemudahan dalam proses pembayaran dan kreatifitas dalam promosi dan pengembangan produk lebih terbuka. Dan jkedatangan tim Dosen fakultas Elektro UNDIP memberikan website ke olshop Mamuma dengan alamat web  www.mamuma-baturetno.com ujarnya kepada Majalah Didik.

Dalam kesempatan ini saya yang selama ini berperan serta dalam produksi dendeng jantung pisang tau persis tentang situasi dan kondisi dunia perdagangan baik langsung dipasar maupun melalui media online. Intinya kita harus cerdas memilih jalur yang mana sekiranya efisien biaya tetapi untung dalam penjualan kita tetap dalam menggunakan konsep prinsip ekonomi. Dirgahayu Hari Prndidikan Nasional 2 Mei 2018 maju terus pendidikan Indonesia. (Apsari Siska/Aji/R).

0Shares

Related posts

Leave a Comment