Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo Terima Hibah dari Kemristekdikti Gelar Workshop Untuk Pengabdian Masyarakat

Sukoharjo – Sebuah Program Kemitraan Masyarakat Pembelajaran Model Interaktif Ramah Orang Tua dan Guru digelar di Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo setela mendapatkan Hibah dari Kemen Ristek DIKTI dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Materi Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan adalah pembuatan perangkat peraga Edukatif dari bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi sehingga bisa memaksimalkan limbah. Materi lainnya adalah kegiatan pembuatan media pembelajaran dan tata kelola website hasil karya para guru-guru TK. Selain itu Susi Endrawati selaku ketua Pengabdian mengatakan  “Kami juga menggelar sejumlah lomba antara lain lomba menggambar dan mewarnai anak-anak TK, lomba pembuatan media dan APE guru, dan bantuan sarana prasarana pembelajaran sekolah,” papar Susi.

Susi Endrawati yang merupakan dosen Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo menambahkan program pengabdian sudah terlaksana selama kurang lebih dua minggu. Selanjutnya dilakukan pendampingan untuk pengelolaan website http://peragaedukatif.web.id untuk hasil karya guru dan bisa dibuka secara publik oleh siapapun.  “Dengan momentum peringatan Hari Kartini, pada hari ini Sabtu (21/40) kami melaksanakan lomba presentasi media pembelajaran bagi guru- guru TK ,” ujar Susi.

Susi juga mengatakan, kegiatan tersebut digelar di sejumlah TK. Antara lain untuk pembuatan APE dilaksanakan di RA Aisyiah Bulakrejo II, Lomba Mewarnai di RA Aisyiah Bulakrejo II, dan Lomba menggambar di TK Desa Sidorejo 03. Selain itu, pihaknya juga menggelar workshop selama tiga hari, 16-18 April di Laboratorium Komputer Poltekkes Bhakti Mulia.

“Kami berharap program pengabdian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga bisa dilakukan rutin tiap tahun,” tambah Susi.

Bambang Eka Purnama salah satu pemateri dari STMIK Nusa Mandiri yang kemudian menjadi Juri Lomba presentasi peraga edukatif  mengatakan “ini adalah salah satu cara mengalihkan perhatian anak – anak yang sangat konsen dengan gadgetnya agar menjadi lebih bermanfaat dengan membuat peraga edukatif. Sehingga gadget menjadi salah satu materi ajar yang bermanfaat”. Pemenang lomba mendapatkan hadiah dan sertifikat dari Poltekkes Bhakti Mulia sebagai stimulan dan motivasi karya mereka agar lebih inovatif.

0Shares

Related posts

Leave a Comment