Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional Pada Upacara Hardiknas 2 Mei 2018 Di Kecamatan Mojogedang Gelar Tari Masal “Gladen Perang Pendem Dammai”

Karanganyar – Upacara peringatan Hari Pendiidkan nasional di Kecamatan Mojogedang dialksanakna dengan cara berbeda, yaitu dengan menggelar Tari Masal Gladen Perang Pendem Damai. Teatrikal ini diikuti oleh 20 Guru Dan Karyawan SDN 01 Pendem, SDN 02 Pendem, Dan SDN 03 Pendem, 150 Siswa Sd Se-PGRI Ranting Pendem. Sedangkan Peserta Upacara Hardiknas 2 Mei 2018 diikuti oleh Camat Mojogedang, Kapolsek Mojogedang, Danramil Mojogedang, Kepala Upt Pud, Nfi, Dan Sd Kecamatan Mojogedang, Kepala Kua Mojogedang, Kepala Puskesmas I Mojogedang, Kepala Puskesmas Ii Mojogedang, Kepala Dpu Pengairan Mojogedang, Kepala Desa Dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Mojogedang, Pengawas Tk/Sd Kecamatan Mojogedang, Kepala Dan Guru Sman 1 Mojogedang, Kepala Dan Guru SMP/MTS Negeri/Swasta Se-Kecamatan Mojogedang, Kepala Dan Guru Sd/Mi Se-Kec.Mojogedang, Kepala Dan Guru Tk Se-Kec. Mojogedang, Ketua Lvri Kecamatan Mojogedang, Ketua Pwri Kecamatan Mojogedang, Siswa Smpn 1 Mojogedang, Smpn 2 Mojogedang, Smpn 3 Mojogedang, Smp Penda Mojogedang, Smp Darussalam, Smp Muhammadiyah, Smp Bhakti Karya, Dan Smpit Abu Ja’far. Siswa Sdn 01 Mojogedang, Sdn 03 Mojogedang, Sdn 04 Mojogedang, Sdn 01 Sewurejo, Sdn 02 Sewurejo, Sdn 03 Sewurejo, Sdn 01 Pojok, Sdn 02 Pojok, Sdn 03 Pojok, Sdn 01 Pendem, Dan Sdn 02 Pendem.
Upacara diawali dengan Defile Marching Band, Tari Massal “Gladen Perang Pendem Dammai” dan Upacara Hardiknas 2018.
Tari “Gladen Perang Pendem Dammai” diasuh oleh Heru Murwanto, A.Md (Kades Pendem), Agus Susilo, S.Pd. (Ks Sdn 01 Pendem), Suwarto, S.Pd.Sd., M.Pd. (Ks Sdn 02 Pendem), Nanik Dwiyati, S.Pd. (Ks Sdn 03 Pendem). Koordinatornya adalah Sunarsa, S.Pd.Sd (Ketua Pgri Ranting Pendem), Koreografi oleh Maryati, S.Pd. (Guru Sdn 01 Pendem), Catur Wahyudi, S.Pd.Sd (Guru Sdn 02 Pendem), Hery Trisnawan, S.Pd.Sd (Guru Sdn 02 Pendem)
Tari Gladen Perang Pendem DAmai menceritakan Semangat Perjuangan Warga Desa Pendem Dalam Menumpas Segala Upaya Yang Dapat Memecah Belah Persatuan Masyarakat Desa Pendem, Sehingga Akan Terwujud Keamanan Dan Kedamaian Sesuai Dengan Slogan Desa Pendem Yaitu Pendem Dammai.
-Parnawanto Yulistyono, S.Pd., M.Pd. (Ketua Pgri Cabang Mojogedang) mengatakan Seni Tari Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Harus Selalu Dipupuk Dan Dikembangkan Agar Pemuda Pada Zaman Sekarang Semakin Cinta Pada Budaya Indonesia Yang Diawali Dari Kegiatan-Kegiatan Cinta Budaya Khususnya Seni Tari Sejak Dari
Tingkat SD.
Hal senada juga disampaikan oleh Sunarsa, S.Pd.Sd (Ketua Pgri Ranting Pendem) : Kegiatan Seni Tari Yang Terdiri Dari Guru Dan Siswa Sd Se-Pgri Ranting Pendem Perlu Kita Kembangkan Karena Akan Semakin Mempererat Persaudaraan Diantara Guru Dengan Guru, Siswa Dengan Siswa, Dan Guru Dengan Siswa Di Lingkup Pgri Ranting Pendem.
Nanik Dwiyati, S.Pd. (Ks Sdn 03 Pendem) memberikan komentar bahwa Kegiatan Tari Massal “Gladen Perang Pendem Dammai” Merupakan Wujud Kekompakan Dan Soliditas Antara Sdn 01 Pendem, Sdn 02 Pendem, Dan Sdn 03 Pendem Yang Diwujudkan Dalam Kegiatan Seni Tari.
Catur Wahyudi, S.Pd.Sd (Guru Sdn 02 Pendem) juga turut berkomentar bahwa Guru Dan Siswa Perlu Adanya Wadah/Kegiatan Untuk Dapat Menyalurkan Hoby Dan Minat Untuk Berkreasi, Terlihat Dengan Adanya Kegiatan Tari “Gladen Perang Pendem Dammai” Ini Guru Dan Siswa Tampak Begitu Semangat Dan Antusias Meskipun Harus Berjuang Dan Berlatih Di Bawah Terik Matahari.

0Shares

Related posts

Leave a Comment