Ketidakjelasan Profil Lulusan Perguruan Tinggi Dapat Merugikan Mahasiswa

Yogyakarta – Saat ini sering kali kita jumpai lulusan perguruan tinggi yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya.  Bahkan pada tahun 2017 Kemenaker pernah menunjukkan lebih dari 60% lulusan sarjana bekerja tidak sesuai jurusan kuliahnya.  Ada mahasiswa lulusan jurusan teknik bekerja menjadi kasir di Bank, adapula lulusan jurusan hukum kerja menjadi sales.

Fenomena tersebut mengakibatkan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh pada saat di bangku perkuliahan akan terbuang percuma. Hal ini bisa saja terjadi oleh banyak faktor. Salah satunya bisa datang dari faktor internal mahasiswa.

Bayangkan saja jika seorang mahasiswa teknik industri tidak tau pekerjaan apa yang akan dia cari setelah lulus kuliah. Atau jika seorang mahasiswa teknik informatika tidak tau fungsi dan tujuan matakuliah yang dia pelajari. Tentunya berdampak pada ketidaktahuan mahasiswa tentang kemampuan dan keahlian yang akan dia miliki. Untuk itulah perlunya ilmu dan pengetahuan tentang bidang pekerjaan dan kebutuhan ilmu apa saja yang perlu dipelajari harus diketahui mahasiswa secara jelas.

Sebagai bentuk pemberian ilmu dan pengetahuan tentang dunia kerja yang sesuai dengan jurusan Manajemen Informatika, Kampus BSI Yogyakarta mengadakan seminar “Exploring Your Digital Career with Inixindo” pada hari Senin, 2 Juli 2018 yang dilaksanakan di Wisma BSI Yogyakarta. Pada seminar ini menghadirkan pembicara dari PT. Inixindo yaitu Bapak Umar Affandhi selaku Manajer Instruktur PT. Inixindo Jogja.

Narasumber menyampaikan bahwa peluang kerja di bidang informatika terbuka luas, salah satunya adalah menjadi System Analyst. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam bentuk apapun seiring dengan kebutuhan penerapan sistem informasi di bidang industri baik yang konvensional maupun digital. Hal ini juga menjadi jaminan bahwa lulusan informatika lulusan jurusan manajemen informatika akan cepat memperoleh pekerjaan. Pada seminar kali ini juga disampaikan keterkaitan matakuliah-matakuliah yang harus dikuasai untuk menjadi seorang System Analyst dan posisi System Analyst di vendor-vendor apa saja yang paling dibutuhkan saat ini.

Seminar yang diikuti oleh mahasiswa semester 2 dan 4 ini diharapkan dapat membentuk mahasiswa untuk lebih siap menguasai matakuliah-matakuliah yang dipelajari  sehingga mahasiswa menjadi lebih siap dan menjadi SDM yang kompeten di bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya.(aai).

0Shares

Related posts

Leave a Comment