Pansel Apakah Itu & Pekerjaan Yang Seperti Apakah Itu ??

Solo – Menjadi pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta atau biasa disebut dengan STIE AUB Surakarta sejak tahun 2000 hingga 2016, setelah 16 tahun menempati sebagai pimpinan STIE AUB Surakarta kini tanggung jawab saya telah usai. Setelah lengser menjadi pemimpin kini saya menjabat sebagai sekertaris pengurus yayasan Karya Dharma Pancasila. Karya Dharma Pancasila adalah yayasan yang menaungi STIE-AUB (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi), STIMIK-AUB (Skolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) dan AT-AUB (Akademik Teknologi).
Setelah lengser saya memperoleh kepercayaan atau amanah dari beberapa bupati, walikota kota Surakarta untuk menjadi panitia seleksi maupun panitia seleksi mutasi. Seleksi promosi adalah seleksi dari eselon (kepala lembaga pemerintah nonkementrian setara dengan jabatan pemimpin tinggi utama) , eselon 3 ke eselon 2 sedangkan seleksi mutasi adalah yang menyeleksi eselon 2 atau UPD yang akan dimutasi. Kepala bidang Mutasi mempunyai tugas menyiapkan bahan dan petunjuk teknis pengangkatan serta pemindahan. Sebelum lahir undang – undang No. 5 Tahun 2014 yang membahas tentang Aparatur sipil negara bahwa Bupati, Walikota jika akan mengangkat kepala UPD atau pejabat eselon 2 itu menggunakan jalur BAPERJAKAT ( Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan ) namun setelah adanya UUD No. 5 Tahun 2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) maka untuk eselon 2 itu sudah tidak dikenal lagi dengan adanya BAPERJAKAT, tetapi harus melalui para panitia seleksi “kata bapak Anwar kepada majalah didik”. Untuk diketahui bahwa yang bisa menjadi panitia seleksi adalah mereka yang sudah mempunyai pengalaman menjadi panitia seleksi. Dan panitia seleksi itu mempunyai 4 unsur :
1. Birokrat
2. Praktisi
3. Tokoh masyarakat
4. Akademisi
Saya dari akademisi sejak tahun 2015 sampai saat ini, saya sudah lebih dari 10X menjadi ketua panitia seleksi baik seleksi mutasi maupun seleksi promosi. Untuk menjadi panitia seleksi ini tidak hanya berbekal pangkat ataupun jabatan tapi juga harus mempunyai kompetensi dan sudah pernah mengikuti pelatihan dan juga dikenal oleh bupati ataupun walikota. Kalaupun memiliki kepandaian yg lebih tetapi jika bupati atau walikota tidak menghendakipun tidak bisa. Dan juga diperlukan pengalaman , kami juga merupakan dosen PTS satu – satunya yang ada di Surakarta dan paling sering terlibat dalam menyeleksi para pejabat dikota Surakarta ini. Kami memang senang dan bangga dapat dipercaya sehingga kami harus melaksanakan tugas itu dengan baik, penuh tanggung jawab, profesional, obyektif serta accountable (bertanggung jawab).
Karena kepercayaan dari walikota , bupati itu harus dipertanggung jawabkan dan harus betul – betul terukur. Selain itu menjadi pansel juga disorot oleh public karena akan menentukan pejabat yg akan menduduki kepala UPD ( Kepala Dinas, Kepala Badan , Staf Ahli, Asisten dll, pokoknya semua eselon 2 dilingkungan pemerintah kabupaten atau di eselon 2 dipemerintahan kota namanya pimpinan tinggi pratama jadi kami sudah malang melingtang , sudah ratusan yang kami tes para pejabat dikota Surakarta ini dan kami juga menghasilkan pejabat eselon 2.

#Apsari Siska/R

0Shares

Related posts

Leave a Comment