Belajar dan Berinovatif Menghasilkan Mutu Pendidikan yang Baik

 

Sri Rahyu Budi Lestari, S.Pd (Guru Sekolah Dasar Negeri 02 Gaum Kecamatan  Tasikmadu Kabupaten  Karanganyar)

Sri Rahyu Budi Lestari, S.Pd. Guru Sekolah Dasar Negeri 02 Gaum Kecamatan  Tasikmadu Kabupaten  Karanganyar mengatakan Guru memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap tingkat perkembangan dan pembentukan psikologi  siswa. Pada umumnya, guru Ilmu Pengetahuan Alam cenderung menggunakan pendekatan pembelajaran yang konvensional, kurang inovasi sehingga kegiatan pembelajaran IPA berlangsung monoton dan membosankan.

Menurut Yayuk panggilan akrabnya, kebanyakan siswa tidak diajak untuk belajar menganalisis, mencoba, menerapkan tentang pengalaman, tetapi cenderung diajak belajar tentang pengetahuan. Artinya, apa yang disajikan oleh guru di kelas bukan bagaimana siswa menemukan, melainkan diajak untuk mempelajari teori atau konsep IPA. Jika kondisi pembelajaran semacam ini dibiarkan berlarut-larut, akan menimbulkan dampak siswa berada pada tataran yang rendah.

Yayuk menambahkan Siswa jangan hanya diajak belajar hafalan secara rasional dan kognitif saja, tetapi diajak belajar menentukan konsep dan berlatih berinovatif dalam konteks, interaktif, menarik dan menyenangkan. “Dengan cara demikian, siswa akan terbawa suasana yang nyaman dan menyenangkan. “Kami berharap dengan cara belajar dengan berinovatif  serta menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar, dilaksanakan dengan sungguh-sungguh maka akan menghasilkan mutu pendidikan yang baik,” harap Yayuk. (Ami)

 

 

Related posts

Leave a Comment