Kegiatan Donor Darah di UBSI Solo Menghasilkan Darah Untuk Kemanusiaan

Solo – Universitas Bina Sarana Informatika Solo (UBSI) mengadakan kegiatan donor darah hari ini. Kegiatan ini berlangsung tanggal 28 Maret 2019. Kegiatan donor darah dapat memberikan banyak manfaat contohnya, menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia.

“kita khusus yang bekerja dilapangan kalau yang di kantor ada lagi. Syarat donor darah, berat badan minimal 45 kg, usia minimal 17 tahun, HBnya harus mencukupi minimal 12,5 sampai 17, tensinya ada batasan maksimal-minimal untuk mencukupi.” ujar dokter Jelly dokter yang menangani kegiatan ini.

Tapi, bukan hanya umur yang dapat menentukan bisa ikut donor darah. Ada juga beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang tidak dapat menjadi pendonor darah, antara lain, sedang demam atau flu, tekanan darah rendah atau tinggi, berat badan kurang dari 45 kg, mengonsumsi antibiotik, sedang hamil.
Dari kegiatan donor darah di BSI ini, para pendonor bisa memahami kondisi tubuh masing-masing.

Kegiatan ini pasti didukung oleh pihak PMI Solo. Dokter dan juga perawat menyiapkan beberapa alat yang akan digunakan. Alat yang digunakan juga alat yang steril. Kegiatan ini juga diikuti oleh karyawan, para dosen, mahasiswa, dan beberapa anak magang.

“setelah melakukan donor darah, badan saya merasa agak lemas. Tapi saya suka melakukan donor darah.” ucap mbak Eka salah satu pendonor.

Bambang Eka Purnama selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi di Universitas BSI Solo berujar bahwa sebenarnya sudah lama rencana agenda ini namun baru kali ini bisa terlaksana. Dari pendonor yang jumlahnya sampai puluhan ternyata hanya 13 pendonor yang memenuhi syarat dan hanya 12 yang bisa terambil darahnya. Hal ini dikarenakan persyaratan yang harus terpenuhi. Karena kalau tidak maka justru akan mebahayakan kesehatan pendonor kata Bambang kepada media

Dari pendonor yang datang ada dari SMK Negeri 1 Klaten, SMK Tunas Muda Karanganyar, SMK Negeri 1 Wonosegoro, SMK Negeri 6 Sukoharjo, SMK Negeri 2 Wonosari, Dosen UBSI Yogyakarta dan Solo serta Staff beserta mahasiswanya dan warga sekitar Cengklik.

Related posts

Leave a Comment