Khitan Massal Disambut Antusias Masyarakat

Loading...

Khitan merupakan suatu kewajiban yang dibebankan kepada umat Islam terhadap anak lelaki yang menuju baligh. Khitan begitu disarankan karena banyak memberikan manfaat kepada pelakunya. Melihat banyaknya manfaat yang didapat itu Dharma Wanita Persatuan UNS tergerak untuk mengadakan Khitan Massal di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS) Pabelan Sukoharjo, Kamis (20/12/2018). Ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan UNS , acara ini diikuti oleh 288 peserta.

Ini merupakan khitanan massal tahun ke-5 sejak pertama kali diadakan pada  2012. Hingga kini, peserta khitanan massal Dharma Wanita Persatuan UNS tercatat sudah mencapai sekitar 1027 anak. Khitanan massal oleh Dharma Wanita Persatuan UNS ini bekerjasama dengan PKU Muhammadiyah Surakarta.

Menurut Ketua Dharma Wanita Persatuan UNS, Handayani Ravik, jumlah peserta khitanan massal dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun ini, awalnya kuota yang disediakan hanya sejumlah 275 anak. Namun melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi, maka pihak panitia akhirnya menambahkan 13 peserta. Total peserta menjadi 288 anak.

Peserta Khitan Massaltidak hanya dari Surakarta saja tetapi ada yang berasal dari Klaten, Sragen dan Boyolali. Masing-masing peserta mendapatkan  berbagai fasilitas seperti baju koko, sarung, peci, uang saku, tabungan BTN bersaldo 25 ribu snack dan makan siang serta  obat dan kartu kontrol berikutnya

Salah satu peserta khitan Aditya Susanto mengaku senang dan gembira dapat mengikuti khitan masal, karena ia sudah ingin di khitan dari dulu. Ia juga merasa lega keinginannya untuk khitan dapat terlaksana. Orang tua Aditya, Lestari juga mengaku bersyukur anaknya bisa menjadi peserta khitan massal, lega karena bisa melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya orangtua untuk mengkhitankan anak laki-lakinya. Acara ini menurutnya sangat bagus dan membantu masyarakat, persyaratan mendaftar juga mudah hanya membawa fotocopy kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran anak.

Handayani Ravik berharap kegiatan ini akan tetap berlanjut pada masa kepengurusan berikutnya. Karena menurutnya, agenda ini sangat dibutuhkan masyarakat, baik dari menengah ke bawah maupun menengah ke atas. (lita/lestari/r)

 

loading...

Related posts

Leave a Comment