Kolaborasi 4 dalang dengan lakon Tunggal karso mbrastho angkoro

Dari ultah SMP Negeri 4 Pracimantoro Wonogiri
AGUS SUMARNO, SPd,MM,MPd.

Kepala sekolah SMP Negeri 4 Pracimantoro

Kolaborasi 4 dalang dengan lakon Tunggal karso mbrastho angkoro

Sabtu malam, 15 September 2018. SMPN 4 Pracimantoro Kab. Wonogiri menggelar pentas spektakuler, pergelaran wayang kulit kolaborasi 4 dalang: Ki Agus Ganteng, Alif, Pandam, Ribut. Lakon: TUNGGAL. KARSO MBRASTHO ANGKORO. Pentas didukung seniman tari SMKI Solo. Sekitar 700 penonton tumpah ruah memadati halaman sekolah. Terima kasih atas bantuan dan dukungan dari semuanya.

Harapan saya, seni tradisional seperti karawitan dan wayang kulit harus selalu dikenalkan kepada generasi muda agar tidak kehilangan seni budaya yang adiluhung dan banyak mengandung nilai-nilai moral dan pendidikan.

Untuk itu, SMP Negeri 4 Pracimantoro dengan Kelas Seni selalu konsisten mendidik siswa berbakat seni dan siap melatih pangrawit menjadi seniman muda.
INI SINOPSIS LAKON ITU:
di Negara Wiratha,Patih Kencaka menagih janji Prabu Matswapati yang akan menuruti semua keinginan Kencaka karena dulu Kencaka berjasa menyelamatkan negara Wiratha dari serbuan Prabu Susarma dari Trigart. Patih Kencaka meminta sebuah pertunjukan tontontan adu jago manusia dengan negara Wiratha sebagai taruhannya prabu Matswapati terpaksa menuruti keinginan Kencaka ditengah kebimbangan lurah pasar Kangka(Puntadewa yang sedang menyamar) mengajukan adiknya Balawa (Werkudara yang sedang menyamar)sebagai jago Wiratha
demikian sinopsis cerita wayangan dalam rangka

Related posts

Leave a Comment