Oh! Begini Bahayanya Menggunakan Headset

 

Karanganyar- Headset merupakan alat yang sangat mudah dijumpai disekitar kita. Banyak sekali manfaat dan kegunaan dari headset tersebut. Kita biasanya menggunakan Headset untuk mendengarkan musik, menelpon, dan bahkan bisa digunakan sebagai antena radio pada handphone. Headset pun memiliki banyak keuntungan bagi penggunanya, seperti dapat menjaga privasi dari pendengar audio, menghasilkan efek suara yang bagus dan jernih, mudah dibawa kemana pun, dan dapat menambah fashion/gaya dari si pengguna headset.

Pemakaian headset tentu memiliki ketentuannya tersendiri. Kita harus mengontrol besar kecilnya volume yang dikeluarkan. Kemudian jangka waktu pemakaian headset pun juga harus dikontrol. Pemakaian headset disarankan hanya 3-4 jam sehari dan tidak secara berturut-turut. Karena jika kita menggunakan headset melebihi jangka waktu tersebut, maka akan menyebabkan gangguan pada telinga dan saraf-saraf lainnya.

7 Dampak dari pemakaian headset secara berlebih yaitu :

  1. Kerusakan permanen pada telinga (Tuli)
  2. Mengganggu kerja otak
  3. Dapat menimbulkan infeksi pada telinga
  4. Dapat membuat telinga mendengung
  5. Mengurangi kewaspadaan pada lingkungan sekitar
  6. Membuat kotoran di telingan menjadi lebih banyak
  7. Kehilangan pendengaran di usia 20-an

Dari dampak yang disebutkan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa penggunaan headset dapat menimbukan gangguan serius pada telinga, dan bahkan bisa menimbulkan tuli. Jadi kurangi penggunaan headset secara berlebih, sehingga dapat menurunkan resiko kerusakan pada indra pendengaran kita.

Related posts

Leave a Comment