SMK 8 SURAKARTA: Langen Beksan Nemlikuran Purwakanthi Menarik Perhatian Wong Solo.

Loading...

 

 

Surakarta- SMKI atau yang kini bernama SMK 8 Surakarta memiliki acara yang setiap tanggal 26 malam setiap bulannya, mengadakan kegiatan Langen Beksan Nemlikuran dengan beragam jenis tari, seperti Gambyong Panganom, Bedayan Ayu Rahayu, Retno Pramudya, dan Bedhaya Pangkur yang dipanggungkan di atas pendapa sekolah tersebut. Diisi oleh para maestro, para penari Bedaya Kraton Surakarta & Pura Mangkunegaran hingga mahasiswa/mahasiswi Institut Seni Tari Indonesia (ISI) Surakarta dan murid-murid SMK Negeri 8 tersebut tentunya.

Seperti yang dulu-dulu, dalam 1 kegiatan dapat menampilkan 2-3 tarian lebih yang berbeda-beda. Sebab itulah, para penonton sangat dimudahkan dalam mengapresiasi acara Beksan Nemlikuran tersebut. Walaupun telah larut malam, para penonton masih tetap memadati area panggung di SMK 8 itu. Mulai dari kakek-kakek, bapak-bapak, Anak-Anak muda, hingga ibu-ibu yang sedang menggendong anaknya pun tetap setia menonton kegiatan tersebut.

Faktor tersebut mungkin begitu di nantikan bagi wong Solo khususnya & dikarenakan biaya parkir yang begitu murah, yaitu hanya Rp. 2000. Acara Nemlikuran merupakan agenda rutin khusus SMK Negeri 8 Surakarta. Disinilah para alumni sekolah sampai para seniman-seniman besar kota Solo hingga para pecinta tari diluar kota Solo pun, juga ingin tampil dalam acara tersebut, karena wong Solo pernah berkata ” Mereka yang belum tampil dalam acara tersebut, tidak bisa dikatakan sebagai orang seniman sejati “.

Kegiatan yang nama panjangnya Langen Beksan Nemlikuran Purwakanhti ini sangatlah berperan aktif dalam melestarikan seni tradisi turunan nenek moyang & mengajak para generasi muda untuk selalu mencintai & melestarikan seni tradisi tersebut.

Mari tonton kembali kegiatan Nemlikuran pada tanggal 26 berikutnya di SMK 8 SURAKARTA.

loading...

Related posts

Leave a Comment