The Traditional Dance Of Topeng Ireng

Loading...

Topeng Ireng merupakan salah satu tarian yang ada di Indonesia. Tari Topeng Ireng ini termasuk tarian tradisional. Tari Topeng Ireng pertama kali berkembang di daerah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tarian ini juga terkenal sebagai Tari Dayakan.

Seiring perkembangan zaman, tari Topeng Ireng menjadi lebih populer di berbagai daerah bahkan sampai ke luar negeri. Daerah-daerah tersebut seperti Boyolali, Semarang, Jogjakarta, dan msih banyak lagi daerah lainnya. Tari Topeng Ireng ini biasanya digunakan untuk hiburan, festival, pembukaan acara dan lain sebagainya

Di Boyolali, Tari Topeng Ireng sering digunakan untuk hiburan gabungan dengan kesenian reok yang ada. Tarian Topeng Ireng dapat dilakukan dari kalangan anak-anak sampai kalangan orang dewasa. Tarian ini biasanya ditarikan ramai-ramai atau kurang lebih 8 orang.  Dengan semakin majunya teknologi dan banyaknya kekreatifan yang muncul, gerakan tarian ini lebih dikembangkan menjadi modern tanpa meninggalkan gerakan yang lama. Tarian ini diiringi musik gabungan dari musik gamelan dan musik modern. Alat yang digunakan seperti kendang, gong, drum, kenong, dan lain sebagainya.  Untuk pakaian yang digunakan saat pementasan sangat simple. Pakaian tersebut seperti kuluk, badong, rampek, gombyok, krincing dan ditambah dengan hiasan make up di wajah.

loading...

Related posts

Leave a Comment