Tidak Ada Lagi Namanya Loading Screen di PS5?

Loading...

Anda pasti pernah bermain game di Playstation, bukan? Mulai dari game klasik seperti Super Mario, sepakbola seperti Winning Eleven, tembak-tembakan seperti Metal Slug, dan lain-lain. Nah, kalian pasti tidak asing dengan yang namanya loading screen. Kalian pasti pernah dong, menunggu bermenit-menit hingga berjam-jam untuk menunggu loading screen yang terkadang suka nyangkut pada saat-saat yang gak diinginkan. Tapi jangan khawatir, kabarnya PS5 akan mendapat fitur yang bisa membuat loading screen pergi jauh-jauh!

Perusahaan Sony Corporation baru saja mematenkan teknologi baru yang memungkinkan loading screen tidak akan muncul lagi di game. Hak paten tersebut dinamai ‘Sistem dan metode memuat software game secara dinamis untuk gameplay yang lancar’. Hal ini akan membuat data game dimuat secara background terlebih dahulu sebelum ditampilkan agar mencegah munculnya loading screen.

Dikutip dari IGN(24/06/2019), teknologi ini dapat mengamati karakter pemain, dan menggunakan informasi yang di dapat untuk menentukan data environment dan aset pada game yang akan dimuat sebelum pemain mencapai area tertentu. “Batas pemuatan terhadap environment game ditentukan. Kemudian, posisi karakter dalam environment tersebut dipantau. Perintah yang berkaitan dengan environment lain dimuat ke dalam memori ketika karakter melintasi batas pemuatan, sehingga gameplay tidak terputus,” jelas paten tersebut. Intinya, data-data dalam area yang akan pemain tuju akan dimuat ketika pemain melewati semacam checkpoint tertentu. Wah, jadi semacam game God of War, ya!

Ingat loh, bahwa paten Sony ini tidak memastikan bahwa loading screen langsung punah untuk selamanya. Tapi waktu loading akan menjadi super cepat dan tidak mengganggu gameplay pemain! Lebih baik daripada menunggu berjam-jam bukan?

loading...

Related posts

Leave a Comment